Tertarik juga

Minggu, 17 Desember 2017

Bahaya Tidak MEnutup Pintu WC!!





Tidak menutup pintu ketika buang hajat



Banyak sekali di antara kaum Muslimin yang mengikuti kebiasaan orang-orang kafir sampai pada urusan buang hajat. Hal itu dapat disaksikan di wc-wc umum di beberapa negara islam. Mereka menyediakan tempat buang air kecil dengan posisi berdiri dan terbuka (Terlihat oleh orang lain). Kemudian, sebagian dari mereka berdiri tanpa merasa malu buang air kecil di dalamnya dan dilihat oleh orang-orang di sekitarnya. 



Perbuatan tersebut tidak dibenarkan dalam islam karena tiga hal:

1. Menafikan rasa malu (Menghilangkan rasa malu), padahal Rasulullah saw. telah bersabda, "Malu itu adalah sebagian dari iman." 

2. Meyalahi petunjuk Rasulullah saw. sebagaimana diriwayatkan dari Jabir ra, berkata, " Apabila Rasulullah saw. hendak buang air besar, beliau pergi hingga tidak dapat dilihat oleh seorang pun."

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنْ أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ أَنَّهَا أَتَتْ بِابْنٍ لَهَا صَغِيرٍ لَمْ يَأْكُلْ الطَّعَامَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَجْلَسَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجْرِهِ فَبَالَ عَلَى ثَوْبِهِ فَدَعَا بِمَاءٍ فَنَضَحَهُ وَلَمْ يَغْسِلْهُ
Yang artinya :

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik, dari Ibnu Syihab dari Ubaidullah bin 'Abdullah bin 'Utbah, dari Ummu Qais binti Mihshan, bahwa dia datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan membawa anaknya yang masih kecil dan belum makan makanan. Rasulullah lalu mendudukkan anak kecil itu dalam pangkuannya sehingga ia kencing dan mengenai pakaian beliau. Beliau kemudian minta diambilkan air lalu memercikkannya dan tidak mencucinya."

3. Tidak menutup pintu merupakan faktor terjadinya siksa kubur. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwasanya Rasulullah saw. pernah melewati dua kuburan kemudian Beliau berkata " Sesungguhnya penghuni dua kubur itu sedang disiksa. Mereka disiksa bukan karena perkara besar, tapi perbuatan itu adalah dosa besar. Salah satunya disiksa karena tidak menutup pintu ketika buang air kecil dan yang lainnya karena ia telah mengadu domba."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan