Tertarik juga

Sabtu, 03 Juni 2017

Catatan Amal Manusia



PEMBAGIAN BUKU CATATAN AMAL DI AKHERAT




Ketahuilah, bahwa ketika Allah SWT, telah menghimpun makluk-makluknya, dan hisab (pertanggung jawab) atas perbuatan-perbuatan mereka selagi di dunia akan dimintai pertanggungan jawabnya, maka dibagi-bagikan buku-buku catatan amal dan terdengar suara dari sisi Tuhan : Wahai fulan terimalah buku catatan amalmu dengan tangan kirimu... Wahai fulan terimalah buku catatan amalan dengan belakang punggungmu... Wahai fulan terimalah buku catatan amalmu dengan tangan kananmu...

orang-orang yang beriman akan menerima buku catatan amalnya, dengan tangan kanan. Inilah maksud firman Allah SWT, yang artinya :



"Adapun orang yang disodorkan kitab amalnya dari sebelah kanannya, maka ia akan diperiksan dengan pemeriksaan yang ringan, dan kembali kedalam lingkungan kaumnya yang sama-sama beriman dengan gembira."

Orang-orang yang kafir akan menerima buku catatan amalnya dengan belakang punggung mereka. Inilah maksud firman Allah SWT :

"Adapun orang yang disodorkan kitab amalnya dari belakang, maka ia akan berteriak : Aduh celakannya ! Dia akan masuk neraka dalam api yang menyala-nyala."

Dan keterangan diatas, maka wajib bagi kita untuk percaya, bahwa Allah SWT telah menugaskan beberapa malaikatnya untuk mencatat amalan-amalan hambanya yang baik maupun yang jelek, dalam keadaan bergurau atau bersungguh-sungguh, dalam keadaaan sadar atau lupa, di waktu sakit atau sehat, sampai-sampai nafas dan rintihpun dicatat.

Semoga ini dapat menjadi renungan aar kita selalu berbuat amal kebaikan dan menghindari apa yang telah Allah larang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan