Tertarik juga

Kamis, 01 Juni 2017

Keistimewaan Hari Jumat




MALAIKAT YANG BERTUGAS DI HARI JUM'AH


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ 

خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya : " Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. " (QS. Al-Jumu'ah 62 : 9 ).





Adapun keterangan yang menyatakan tentang adanya malaikat yang bertugas di hari Jum'ah adalah sebagai berikut : Diriwayatkan oleh Abu Amer dari ayahnya dan neneknya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :


"Sesungguhnya di balik gunung Qof terdapat sebidang tanah putih yang tiada tumbuhannya. Luas tanah itu seperti luas dunia tujuh kali, disitu penuh sesak dengan malaikat. Sehingga andai kata sebuah jarum dijatuhkan dari atas, niscaya terjatuh diatas salah satu dari mereka. Tiap-tiap mereka tangannya memegang bendera yang panjangnya empat puluh farsakh. Tiap bendera ada tulisannya "Laailaahaillaah-Muhammadur Rasulullah". Tiap-tiap malam jum'ah mereka berkumpul dikeliling gunung itu untuk merendahkan diri kepada Allah, dan memohon keselamatan buat ummat Muhammad SAW. Jika fajar subuh terbit, mereka berdo'a  YA Allah, ampunilah orang yang mandi hari jum'ah, dan yang datang menghadiri jum'ah. Mereka berdo'a dengan suara tangis dan keras.
Lalu Allah berfirman : Hai Malaikatku ! apa yang kalian kehendaki? 
Mereka menjawab : Kami berkehendak, Engkau mau mangampuni dosa ummat Muhammad SAW. Akuu telah mengampuni mereka, jawab Allah SWT."

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya Allah Ta'ala telah menciptakan seorang malaikat yang berdiri dibawah 'arasy. Ia mempunyai empat puluh ribu tanduk. Sedang jarak antara tanduk yang satu dengan yang lainnya sejauh perjalanan seribu tahun. Di atas tiap-tiap tanduk berbaris empat puluh ribu malaikat. Sedang diatas tengkuknya bulan dan didadanya dengan bintang-bintang. Tiap-tiap hari jum'ah bersujud kepada Allah sambil memohon: Ya Allah, ampunilah dosa orang yang mengerjakan shalat jum'ah dari ummat Muhammad. Lalu Allah berfirman : Wahai malaikatku, saksikanlah, bahwasanya Aku telah mengampuni bagi orang yang mengerjakan shalat 



(Kanzul-Akhbar)            



Tersebut dalam suatu hadits, bahwa Allah telah meciptakan sebuah Menara yang terdiri dari perak putih, berada disebelah "ALBAITUL-MA'MUR". Tinggi menara itu sejauh perjalanan lima ratus tahun. Pada tiap-tiap hari jum'ah naiklah Jibril keatas Menara itu dan beradzan, lalu Isarfil naik ke mimbar dan berkhutbah, dan Mikail mengimami para malaikat. Setelah selesai mengerjakan shalat,.

Berkatalah Jibril : Pahala yang aku peroleh dari adzanku kuberikan kepada Muadzim di muka bumi.

Israfil berkata : pahala yang aku peroleh dari khutbahku, kuberikan kepada para khathib di muka bumi.

Mikail berkata : Pahala yang kuperoleh sebab mengimami keberikan para imam jum'ah di muka bumi.

Dan para malaikat berkata : Pahala yang aku peroleh sebab telah melakukan shalat jum'ah di belakang imam, kami berikan kepada seluruh ummat Muhammad. yang mengerjakan shalat jum'ah dibelakang imam. Kemudian Allah befirman : Wahai malaikatKu, kalian telah memperlihatkan kemurahan hati demikian rupa, maka demi keagungan-Ku dan kebesaran-Ku, Aku nyatakan hati ini bahwa telah-Ku ampuni dosa-dosa semua hamba-Ku yang telah mengerjakan shalat jum'ah dalam memenuhi perintah-Ku dan tuntunan kekasih-Ku Muhammad SAW.    



5 komentar:


  1. Sesungguhnya orang2 yg beriman dan mengerjakan amal yg saleh mereka mendapat pahala yg tiada putus-putusnya"

    BalasHapus
  2. amiin, semoga Allah selalu meridhai kita...

    BalasHapus
  3. Semoga Allah selalu memberi hidayah & berkah kpd kita semua. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin.. tetaplah berusaha dan memohon ridha dan rahmat dari Allah.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan