Tertarik juga

Minggu, 16 Juli 2017

Panas Api Neraka

Keadaan panasnya api neraka





Dikabarkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Datang padaku Jibril dan aku bertanya kepadanya: Wahai Jibril ! Berikanlah aku gambaran tentang neraka Jahannam ! Jibril berkata: "Sesungguhnya Allah menciptakan neraka lal dinyalakan seribu tahun sehingga menjadi merah, kemudian dinyalakan lagi seribu tahun sehingga menjadi putih. Kemudian dinyalakan lagi seribu tahun sehingga menjadi hitam. Maka Jahannam itu menjadi hitam sperti malam yang kelam. Selamanya tidak berhenti gejolaknya dan tidak padam bara apinya."


Diriwayatkan, bahwa Allah SWT memerintahkan Jibril untuk meminta kepada malaikat Malik sebagian dari api neraka, dan memberikannya kepada Nabi Adam as untuk digunakan memasak makanan. Maka berkatalah malaikat Malik kepada Jibril: Berapa yang anda butuhkan? Sebesar buah kurma, jawab Jibril. Maka malaikat Malik berkata: " Jika aku memberi api neraka sebesar buah kurma, maka akan cairlah langit dan bumi, sebab pengaruh panasnya."
"Kalau begitu berilah aku separuhnya," kata Jibril. Malik berkata : "Jika aku luluskan permintaanmu, maka tidak setetes pun air hujan yang turun dari langit, dan bumi tidak mngeluarkan tumbuh-tumbuhan, walau sebuah tanaman.


Kemudian Jibril bertanya kepada Allah SWT. : " Ya Tuhanku, berapakah aku mengambilnya? "  Allah berfirman : "Ambillah sebesar semut. " kemudian Jibril melaksanakannya, dan dibawalah api sebesar semut itu kepada nabi Adam, yang sebelumnya dimasukkan kedalam laut sebanyak tujuh puluh kali.

Kemudian api itu diletakkan di atas gunung yang tinggi, dan hancurlah gunung itu, sedang api kembali ketempat asalnya, dengan meninggalkan asap pada batu-batuan dan besi sampai hari ini. Maka api yang ada di dunia ini adalah yang berasal dari asap api neraka sebesar semut hitam itu.

Astagfirullah al adzim sungguh amat pedihlah azab yang ditimpahkan bagi orang-orang yang dzalim. Semoga kita selalu berada pada ridha dan rahmat Allah SWT. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan