Tertarik juga

Rabu, 19 Juli 2017

Manfaat Doa Setelah Berwudhu

Tidak Membaca Doa Setelah Berwudhu



Perluh diketahui bahwa ada sebagian orang yang lalai untuk mambaca doa setelah berwudhu, terkadang ia membacanya dan terkadang meninggalkannya. Kalau saja seorang Muslim mengetahui pahalanya, niscaya ia tidak pernah meninggalkannya.

Imam Muslim telah meriwayatkan dalam kitab sahihnya dari Umar bin Al-Khaththab ra. bahwasanya Rasulullah saw. pernah bersabda, "tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnahkan wudhunya kemudian ia berucap 'aku bersaksi bahwa tiadalah yang haq untuk disembah kecuali Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusannya melaikan akan dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang berjumlah delapan dan ia akan memasuki pintu-pintu tersebut dari bagian mana saja yang dikehendakinya'."

Tirmidzi menambahkan, "...Ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang bersuci, melainkan akan dibukakan kepadanya pintu-pintu surga yang berjumlah delapan, dan ia akan memasuki pintu mana saja yang ia kehendaki." 

Membaca Surat Al-Qadr Setelah Berwudhu


Di antara perkara bid'ah yang banyak dilakukan oleh kaum Muslimin adalah membaca surah Al-Qadr setelah berwudhu. Mereka berdalil dengan hadits dari Anas ra. bahwasannya Rasulullah saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang usai berwudhu membaca, 'Inna Anzalnaahu Fi Lailatil Qadr' sebanyak satu kali maka ia akan digolongkan dengan kelompok shiddiquun (orang-orang yang benar), dan barang siapa membacanya dua kali maka ia tercatat dalam catatan amal para syuhada (orang-orang yang mati dalam keadaan syahid),dan barang siapa yang membacanya tiga kali maka Allah akan menyatuhkannya ditempat berkumpulnya para Nabi."

Akan tetapi, hadits ini mengandung tuduhan pendustaan terhadap Rasulullah saw. sebagaimana dikenukakan oleh para ahli hadits. Oleh karena itu, mengamalkannya adalah bid'ah.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan