Tertarik juga

Kamis, 13 Juli 2017

Keistimewaan bersiwak


Tidak Bersiwak Setiap akan Menunaikan Shalat




Banyak orang yang mengabaikan urusan bersiwak (mengosok gigi dengan kayu siwak) meskipun Rasulullah saw. selalu mengamalkannya dan bahkan menganjurkannya. Beliau bersabda, "Sekiranya tidak menjadi beban atas umatku, niscaya aku akan menyuruh mereka agar menggosok giginya setiap kali akan melaksanakan shalat."

Beliau menjelaskan bahwa membersihkan gigi dengan siwak menuai keridhaan Allah, sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan An-Nasa'i dengan sanad sahih dari Aisyah ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, "Siwak itu membersihkan mulut dan menuai keridhaan Allah."



Mempermasalahkan Bersiwak Setelah Shalat Ashar

Sebagian orang yang berpuasa tidak bersiwak setelah shalat Ashar karena ia mengira siwak akan menghilangkan khaluf (bau mulut). "Bau mulut (khaluf) orang yang berpuasa disisi Allah lebih harum daripada bau minyak kesturi."

Namun sebenarnya ialah bersiwak tidak menghilangkan bau mulutnya. Sebab, para dokter berpendapat bahwa bau tersebut tidak akan hilang, karena bau itu keluarnya dari dalam perut yang tidak terisi makanan. Oleh karena itu, bersiwak tidak akan memberikan dampak atau menghilangkan khaluf (bau mulut). Kebanyakan dari mereka berdalil dengan hadits yang diriwayatkan dari Rasulullah saw. bahwasannya beliau bersabda, "Bersiwaklah kalian pada pagi hari dan janganlah bersiwak di sore hari karena tidaklah mengeringkan kedua bibir orang yang berpuasa di sore hari melainkan di antara kedua matanya terdapat cahaya pada hari kiyamat."

Akan tetapi, hadits ini dinilai sangat lemah dan tidak bisa dijadikan hujjah. Adapun hadits-hadits tentang perintah siwak diungkapkan secara umum, mencakup orang yang berpuasa dan yang lainnya,seperti perintah bersiwak setiap berwudhu, setiap akan melaksanakan shalat, dan sebagainya. Rasulullah saw. Tidak memberi pengecualian terhadap orang yang berpuasa. Oleh karena itu, jelaslah bahwa hadits itu bersifat umum mencakup orang yang tidak berpuasa maupun orang yang brpuasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan