Tertarik juga

Selasa, 29 Agustus 2017

7 Amalan yang insha Allah bermanfaat setelah kematian.



Dahsyat inilah 7 Amalan yang Sungguh Bermanfaat setelah Kematian Seseorang


Inilah bukti kenikmatan Allah swt serta kecintaan-Nya, kepada setiap hamba-hamba yang beriman, bahwa sesungguhnya Allah swt menyediakan pintu-pintu kebaikan, agar setiap orangg didalam kehidupannya hingga setelah kematiaannya pahalanya akan terus mengalir kepada dirinya tersebut. Apabila seseorangg telah memasuki liang lahat atau kuburan maka tidak ada lagi amalan yang dapat dikerjakan atau sudah terputus dari penghuni kubur.

Jadi apa yang telah dikerjakan selama didunia maka akan mendapatkan ganjarannya diakhirat nantinya, yaitu dimulai pada alam kuburnya. Namun perluh di ketahui juga ada orang-orang yang meskipun meninggal pahala terhadap dirinya tetap mengalir, dosa-dosanya diampuni lalu ditinggikan derajatnya oleh Allah swt. Bukankah inilah yang kita cari setelah mati pahala kita tetap mengalir.



Nabi Muhammad saw telah menyebutkan 7 perkara atau amalan yang pahalanya akan tetap mengalir kepada seorang hamba  meskipun seseorang telah berada didalam alam kuburnya.  

Diriwayatkan oleh Imam Al Bazzar dari Anas bin Malik ra. bahwa Nabi Muhammad saw bersabda :
"Tujuh amalan yang mengalir pahalanya untuk seorang hamba setelah matinya dan ia berada dialam kuburnya, yang pertama siapa yang mengajarkan ilmu, atau yang kedua mengalirkan sungai, atau yang ketiga mengali sumur, atau yang keempat menanam pohon, atau yang kelima membangun masjid, atau yang keenam mewariskan mushaf , atau yang ketujuh meninggalkan anak yang memintakan ampun untuknya setelah kematiaannya."

1. Mengajarkan Ilmu


Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu yang bermanfaat, apa itu ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu yang mengajarkan kepada manusia tentang agama mereka, tentang Rabb mereka tentang siapa yang mereka sembah. Ilmu yang memberikan mereka petunjuk untuk menuju jalan yang lurus, tentang mana yang hak dan mana yang batil, mana yang islam dan mana yang berupa kekufuran. Tentang mana yang halal dan mana yang haram.

Inilah ilmu yang mewajibkan kita untuk mempelajarinya, Nabi Muhammad saw bersabda yang artinya : " Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim". 

2. Mengalirkan Sungai 

Yang dimaksud tentang ini adalah  membuat sungai-sungai yang sebelumnya tidak mengalir karena tidak ada tempat tertahan, dibuka  kemudian air disungai tersebut dapat mengalir sehingga dapat bermanfaat kepada manusia lainnya. 

3. Menggali Sumur

Hampi sama seperti mengalirkan air perkara ini juga sungguh sangatlah bermanfaat, diriwayatkan dari Bukhari dan Muslim, bahwa ada wanita pezinah yang memberikan atau meminumi se-ekor anjing yang sedang kehausan, anjing tersebut berputar-putar di sebuah sumur lalu diberikan minum oleh wanita tukang zinah tersebut, maka Rasulullah saw. bersabda " Allah swt berterimah kasih kepada perbuatan seseorang yang meminumi anjing tersebut, dan akhirnya Allah swt mengampuni dosanya."  maka para sahabat bertanya : " Wahai Rasulullah saw. apakah kita memberikan minum binatang-binatang kita mendapatkan pahala." maka Rasulullah menjawab " setiap ada makhluk mempunyai pencernaan, hati yang diisi air, maka terdapat didalamnya pahala."



4. Menanam Pohon

Perluh dipahami menanam pohon yang dimaksud adalah pohon kurma. mengapa demikian ini karena pohon kurma adalah  pohon pemimpinnya pohon, yang paling bermanfaat paling utama, paling banyak manfaatnya untuk manusia. Siapa saja yang menanam pohon lalu hasilnya dimanfaatkan oleh manusia maka pada saat itu dia akan mendapatkan pahala selama pohon tersebut diambil manfaatnya, meskipun ia sudah ada di alam barza.

 5. Membangun Masjid


Masjid adalah daerah yang paling dicintai oleh Allah swt di dunia ini, karena didalam masjid Allah swt mengizinkan untuk disebut nama-Nya. Kemudian didalam masjid Allah swt  membuat manusia beribadah kepada-Nya, didalamnya orang berdoa, membaca Al-Qur'an  dan amalan-amalan lainnya. Maka membangun masjid adalah amalan yang pahalanya akan terus megalir.

Rasulullah saw bersabda : " Barang siapa yang membangun karena Allah sebuah masjid, maka Allah swt akan membangunkan sebuah rumah baginya di surga." 

6. Mewariskan Mushaf  

Maksud dari mewariskan mushaf ini adalah dengan mencetak mushaf, buku mushaf yang kita kenal buku mushaf tersebut yang kita baca  Al- Qur'an. Maka apabila kita wariskan  kepada seseorang, kepada masjid  selama mushaf tersebut dibaca selama itu pula akan mengalir pahalanya. Membaca Al-Qur'an adalah amalan yang paling utama didalam islam, dan mengajarkannya adalah amalan yang paling baik. Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan yang mengajarkannya.

7. Meninggalkan Anak yang Sholeh


Mengajari anak dengan ajaran yang benar, sehingga anak tersebut menjadi sholeh lalu mendoakan orang tuanya. Rasul saw. bersabda : " Jika seorang anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara, kecuali dari sedekah yang mengalir terus pahalanya, atau ilmu yang bermanfaat atau anak Sholeh yang mendoakannya."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan