Tertarik juga

Minggu, 27 Agustus 2017

Manfaat Doa Masuk WC

Tidak membaca doa ketika akan masuk WC



Sebagian orang ada yang tidak membaca doa ketika ia akan masuk wc. padahal, banyak hadits yang menerangkan mengenai hal itu yang menunjukkan bahwa Rasulullah saw. selalu mengamalkannya.

Adapun doa masuk kedalam wc, sebagai berikut.


   بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ, اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ


"Bismillahhirrahmanirrahim, Allahumma innii a'udzzu bika minal khubutsi wal khabaaitsi." 

Yang artinya:  (Aku berlindung kepada Allah dari setan besar laki--laki dan perempuan.) Dirwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, "Tabir antara penglihatan jin dan aurat anak Adam adalah ketika salah seorang dari mereka masuk wc membaca Bismillah."

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ إِسْحَقَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ الْمُحَارِبِيُّ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ الْحَسَنِ وَقَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ مِنْ الْخَلَاءِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي


Telah menceritakan kepada kami, Harun bin Ishaq berkata, telah menceritakan kepada kami, Abdurrahman Al Muharibi dari Isma'il bin Muslim dari Al Hasan dan Qatadah dari Anas bin Malik. ia berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam jika keluar dari tempat buang air besar selalu mengucapkan: "ALHAMDULILLAAHILLADZII ADZHABA 'ANNIL ADZAA WA 'AAFAANII" (Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan dariku rasa sakit dan menjaga kesehatanku)."

Doa ini memepunyai beberapa faedah di antaranya sebagai berikut.

1. Mengikuti sunnah Rasulullah saw.
2. Memperoleh pahala, dan
3. menjaga diri dari setan.

Semoga kita selalu mengamalkan apa yang menjadi sunnah Rasulullah didalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan