Tertarik juga

Jumat, 08 September 2017

Pengertian Ghaflah

Apa Itu Ghaflah


Tahukah anda apa itu ghaflah. Ghaflah adalah suatu sifat (lalai) dari perenungan ayat-ayat Allah yang terhampar di jagat raya ini dan ayat-ayat yang tertuang dalam kitab-Nya. Di samping itu juga ghaflah adalah perbuatan yang membuat kita terbuai dengan kemajuan teknologi dan kebudayaan, sampai-sampai mengira bahwa hal tersebut adalah hasil kreasi manusia semata, sehingga mereka mengagung-agungkan manusia, serta menisbatkan seluruh kemajuan ini kepada jarih payah dan penemuan manusia semata. Hal ini Sebagaimana kesombongan Qorun yang berkata, dan dituangkan kedalam kitab suci Al--Qur'an:


قَالَ إِنَّمَا أُوتِيتُهُ عَلَىٰ عِلْمٍ عِنْدِي ۚ أَوَلَمْ يَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ أَهْلَكَ مِنْ قَبْلِهِ مِنَ الْقُرُونِ مَنْ هُوَ أَشَدُّ مِنْهُ قُوَّةً وَأَكْثَرُ جَمْعًا ۚ وَلَا يُسْأَلُ عَنْ ذُنُوبِهِمُ الْمُجْرِمُونَ


Karun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku". Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.

Mereka terus saja berfikir dan tidak pula melihat keagungan Allah Taala yang telah menciptakan alam semesta dan yang telah menimbun segala macam keistimewaan di dalamnya. Juga yang telah menciptakan manusia lengkap dengan bekal keahlian dan kemampuan guna menemukan keistimewaan alam serta mengfungsikan demi kepetingan manusia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan