Tertarik juga

Sabtu, 09 September 2017

Tata cara Tidur Rasulullah saw


Adab dan Cara Tidur Rasulullah saw



Selayaknya kita senantiasa mengikuti cara tidur yang di laikukan oleh Rasulullah saw. kemudian mangamalkan doa yang biasa dibaca sebelum tidur. Sunnah-sunnah tidur ada di kitab-kitab hadits dan banyak sekali jumlahnya. Namun diantaranya adalah :

  1.  Berwudhu sebelum tidur (tidur dalam keadaan suci).
  2. Tidur dengan posisi badan menghadap kekanan.
  3. Membaca doa sebelum tidur.
Adapunnya doa sebagai contoh berikut ini: 

Diriwayatkan dari Al-Barra' bin Azib r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "apabila kamu hendak berbaring maka berwudhulah sebagaimana kau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah ke sebelah kanan, lalu ucapkan:

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ 

إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ 

 وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ



Artinya:


Yah Allah aku serahkan wajahku pada-Mu, dan aku serahkan urusanku kepada-Mu dan aku sandarkan punggungku pada-Mu baik dengan sukarela, maupun terpaksa. Tidak ada tempat kembali dan perlindungan kecuali dari-Mu. Yah Allah, hamba beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan pada Nabi-Mu yang telah engkau utus.

Kalau kamu meninggal malam itu, maka kamu meninggal dalam keadaan suci. Dan, jadikanlah doa tadi sebagai ucapan terakhir yang engkau ucapkan." (HR. Al-Bukhari)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. sebuah hadits panjang tentang kisah Abu Hurairah r.a. dengan setan. Dikisahkan bahwa Abu Hurairah dapat menguasainya, lalu setan menunjukkan bagaimana agar manusia dapat menundukkan setan. Rasulullah membenarkan, seraya berkata kepada Abu Hurairah: "Dia percaya padamu sedangkan dia sendiri adalah pembohong."

Cara yang dimaksud adalah dengan mambacakan ayat Kursi, salah satu bagian dari surat Al-Baqarah (ayat 255), sebelum tidur. Lalu Rasulullah bersabda kepadanya, "dengan ayat Kursi tersebut) Allah akan menjagamu, dan setan tidar akan menghapirimu sampai subuh." (HR. Al-Bukhari).

Ini adalah permasalahan penting. Setan sangat berperan untuk menghalangi shalat subuh. Ia selalu mengharap anda tetap berada di atas tempat tidur, sehingga anda enggan untuk shalat malam maupun shalat subuh. Dengan membaca Ayat Kursi, setan tidak akan menghampiri, dan insha Allah akan memudhakan anda bangun.

Diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda, "apabila seseorang dari kalian ingin beristirahat di tempat tidurnya hendaklah ia mengibaskan tilamnya dari dalam spreinya, karena dirinya tidak tahu apa yang ada di dalamnya, kemudian membaca: 

'Dengan menyebut namamu wahai Rabbku, aku merebahkan tubuhku, dan denganmu aku bangun. Jika Enkau mencabut nyawaku maka rahmatilah, dan jika Engkau mengembalikannya, maka peliharalah ia sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih'." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

1 komentar:

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan