Tertarik juga

Kamis, 30 November 2017

Astaghfirullahaladzim!! Hati-hati dengan Perkara Yang Satu ini

Mengusap Leher Ketika Berwudhu



Sebagian dari ummat muslim ada yang mengusap lehernya ketika berwudhu. Ia mengira bahwa leher termasuk anggota didalam berwudhu. Padahal, tidak ada riwayat yang sahih dari Rasulullah saw. bahwa beliau mengusap lehernya ketika melakukan wudhu.

Syaikhul islam Ibnu Taimiyah berkata, "Tidak ada riayat sahih dari Raulullah saw. bahwa beliau mengusap lehernya ketika berwudhu." (Al-Fataawa Al-Kubra, jilid 1, hal. 280 dinukil dari Akhtha'ul Musallin, karya Al Minsyai, 26 ).

Adapun hadits yang berbunyi, "Barangsiapa berwudhu dan mengusap lehernya maka lehernya tidak akan dibelenggu pada hari kiamat" adalah hadits maudhu' bukan dari Rasulullah saw". (Maudhu, diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dalam Akhbaaru Ashfahan, jilid 2, hal. 115. Ibnu Iraq, jilid 2, hal. 75, "Abul Mufid adalah seorangg yang muttaham, terteduh berdusta"). 

Ibnu Qayyim berkata, "Hadits mengusap leher pada saat berwudhu adalah hadits yang batil." (Al-Manaarul Muniif, 120)

Ia juga berkata, " Riwayat tentang mengusap leher sama sekali tidak benar dan tidak bersumber dari Rasulullah saw." (Zaanul Ma'ad, jilid 1, hal. 195).

Jadi sungguh janganlah kita melakukan apa yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah, karena sungguh itu adalah perkara yang sia-sia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan