Tertarik juga

Sabtu, 11 Februari 2017

adab perjalanan menuju mesjid :



Adab Menuju Masjid 

Allah SWT memberikan  banyak janji dan keutamaan seseorang yang menghadiri sholat berjamaah di mesjid. diantaranya " jika seseorang wudhu dengan sempurna, kemudian menuju masjid, maka Allah akan mencatat setiap langkahnya sebagai pahala untuknya, mengangkat derajatnya, dan menghapuskan dosanya ..." (HR. Muslim).


                              



Dalam menyempunahkan pahala kita didalam menuju mesjid, berikut bebrapa adab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

1. Berwudhulah dari rumah

Hendaklah kita sebelum menuju ke masjid hal yang dilakukan ialah berwudhu. berwudhulah dari rumah bukan di masjid. terdapat banyak dalil yang menunjukkan bahwa berwudhulah dirumah bukan di masjid. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: " siapa yang berwudhu untuk shalat dan dia sempurnahkan wudhunya, kemudian dia menuju masjid untuk shalat fardhu, lalu dia ikut shalat berjama'a atau shalat di masjid maka Allah mengampuni dosa-dosanya" (HR. Muslim).

dari hadist diatas bahwa wudhu dilakukan sebelum berangkat ke masjid itu artinya wudhu tersebut dilakukan di rumah. " siapa yang berwudhu dirumahnya kemudian berjalan menuju salah satu rumah Allah, untuk menunaikan shalat wajib ... ".  

2. Gunakanlah pakaian yang rapih 

Apabila hendak pergi ke masjid sebaiknya kita memakai pakaian yang bersih dan rapi, " wahai bani adam, gunakanlah perhiasan kalian setiap kali menuju masjid" ( QS. Al-A'raf : 31 ). hal ini menunjukan bahwa hendaklah malu bila mana  kita tidak mengunakan pakaian yang bersih dan rapi menuju ke masjid karena hendaknya kita sadar bahwa kita ingin menghadap Allah SWT.

3. Membaca do'a ketika keluar rumah



بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Hendaknya bila mana kita ingin keluar rumah dan menuju ke masjid, biasakanlah kita membaca doa keluar dari rumah. karena membaca doa ini memiliki ke utamaan. seperti yang disebutkan dalam hadist,  Nabi SAW bersabda : 'apabila ada orang yang keluar dari rumahnya, kemudian dia membaca doa keluar rumah, dikatakan padanya: " kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi, dan kamu dilindungi", maka setan-setan pun berteriak, kemudian ada salah satu setan yang berkata kepada lainnya. " bagaimana mungkin kalian bisa mengoda orang yang sudah di beri petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.' ( HR. Abu Daud dan Turmudzi).

doa ini sangatlah ringkas namun memiliki keutamaan besar. 



4. Mengunakan kaki kanan

Maksud mengunakan kaki kanan yaitu mendahulukan kaki kanan saat keluar rumah menuju ke masjid, Rasulullah sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika melakukan hal-hal yang baik. baik berjalan menuju masjid, menyisir rambut dll.

5. Berjalan dengan tenang menuju masjid

Hendaknya kita tidaklah terlalu terburu-buru menuju masjid. meskipun kita mendengarkan iqamah, berjalanlah menuju shalat dengan tenang. selain itu perkara ini memiliki arti yang besar yaitu karena setiap langkah menuju kemasjid akan menghapuskan dosa dan menghasilkan pahala, selain itu berjalan dengan tenang kan membuat kita tidak terlalu ngos-ngosan pada saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi ibadah shalat kita.



6. Membaca doa ketika menuju masjid 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى لِسَانِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِى نُورًا
 وَاجْعَلْ فِى بَصَرِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِى نُورًا وَمِنْ أَمَامِى نُورًا
وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِى نُورًا وَمِنْ تَحْتِى نُورًا. اللَّهُمَّ أَعْطِنِى نُورًا


artinya: "yah Allah jadikanlah cahaya didalam hatiku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dari kananku, cahaya dari kiriku, cahaya di atasku, cahaya di bawahku, cahaya di depanku, cahaya dari belakangku, dan jadikanlah untukku cahaya." (HR. Bukhari)

7. Melepas sandal mendahulukan kaki kiri


"apabila kalian memakai sandal, mulailah dengan kaki kanan, dan jika melepas, mulailah dengan kaki kiri." ( HR. Bukhari dan Muslim). 

selain itu apabila kita akan masuk ke dalam masjid mendahulukan kaki kanan. semua kegiatan yang baik sebaiknya di dahului dengan yang kanan barulah yang kiri. dan berdoalah ketika masuk kedalam masjid, adapun salah satu doa masuk kedalam masjid yang biasa di baca Rasulullah ialah : 



بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ

artinya :  "bismillah, salawat dan salam untuk Rasulullah"


اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ 

artinya :  " yah Allah, bukakanlah pintu rahmat-Mu untukku"

ketika sampai di masjid maka sempatkanlah shalat tahhiyatul masjid sebelum duduk. itulah adab-adab menuju kemasjid semoga bermanfaat dan bernilai pahala untuk kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan