Tertarik juga

Rabu, 08 Februari 2017

Awas!! Ini adalah Adab Shalat yang Dianjurkan



ADAB SHOLAT BERJAMAAH




sholat wajib secara berjamaah merupakan ibadah yang sangat mulia, hal ini dikarenakan Allah SWT mensyariatkan agar ibadah sholat wajid dilaksanakan secara berjamaah di mesjid. Allah berfirman : 

قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ وَأَقِيمُواْ وُجُوهَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ 


"katakanlah: 'Tuhanku meyuruh untuk menjalankan keadilan', dan (katakanlah) 'arahkanlah wajahmu (dengan melaksanakan shalat jamaah) di setiap mesjid dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya'." (QS, Al-A'raf: 29)

kerena itu Rasulullah SAW memberikan perhatian besar terhadap sholat berjamaah, Beliau bersabda :


صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً 

"Shalat berjama’ah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhari dan Muslim). 

bahkan dikatakan Beliau sangat kehilangan, jika ada salah satu dari sahabat Beliau yang tidak ikut sholat berjamaah. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: " sesungguhnya shaf pertama itu seperti shaf para malaikat. andai kalian tahu keutamaanya, kalian akan berebut untuk mendapatkannya." (HR. Abu Daud dan Nasai).
agar didalam sholat berjamaah lebih sempurnah, Rasulullah SAW mengajarkan berbagai macam adab, di antaranya:

1.  dianjurkan untuk sholat Tahiyatul mesjid.


إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ المَسْجِدَ، فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ

" apabila kalian masuk masjid, lakukanlah shalat dua rakaat sebelum duduk". (HR. Bukhari dan Muslim). 


 apabila kita telah sampai ke masjid, hendaknya kita sholat dua rakaat dulu sebelum kita duduk hal ini di anjurkan oleh Rasulullah SAW.

2. Berdoa ketika waktu iqamah masih lama.


jika waktu iqamah masih lama dudklah dengan tenang menghadap kiblat dan perbanyaklah kita membaca doa, karena yang telah kita ketahui doa antara adzan dan iqamah tidak akan tertolak. Rasulullah SAW pun pernah bersabda yang artinya: " doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak." (HR. Abu Daud dan Turmudzi). 

3. Membatalkan sholat sunnah apabila iqamah sudah di kumandangkan

apabila anda sedang melakukan sholat sunnah lalu iqamah telah di kumandangkan dan tidak memungkinkan untuk menyelesaikan batalkanlah sholat anda serta segeralah bergabung dengan jamaah untuk melaksanakan sholat wajid. 

"apabila iqamah telah dikumandangkan, maka tidak ada shalat kecuali shalat wajib". (HR. Muslim) 

4. Menyingkirkan benda yang mengganggu

apabila sholat dilaksanakan kita dituntut untuk khusuk didalam pelaksanaannya, maka hendaknya kita mematikan nada dering hp kita, sesungguhnya dalam sholat sudah banyak kesibukan. karena orang yang sholat disibukkan dalam merenungi bacaan sholatnya serta gerakan-gerakannya, oleh sebab itu jangan samapai kesibukkan itu tertambah oleh kesibukan yang tidak bermanfaat.

5. mematikan hp ketika berbunyi

apabila anda sendiri lupa untuk mematikan hp anda, dan tiba-tiba berbunyi segeralah untuk mematikannya, gerakan-gerakan ini tidaklah membatalkan sholat kita, karena gerakan ini di butuhkan.
kerena dianjurkan untuk menghilangkan segala yang mengganggu orang yang sholat dengan cara apapun, agar dapat menjaga kita selalu khusyuk.

6. Luruskan dan Rapatkan Shaf

ternyata haruslah kita ketahui meluruskan shaf sholat berjmaah adalah hukumnya wajib. maka dari itu sang imam bertanggung jawab agar jamaah meluruskan dan merapatkan shaf mereka. Rasulullah SAW hampir tidak pernah lupa menyuruh agar meluruskan dan merapatkan shaf ketika sholat berjammah, hal ini dikarenakan lurus dan rapatnya shaf meruapak salah satu tonga kesempurnaan sholat berjamaah. 

سَوُّوْا صُفُوْفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاَةِ

" luruskan shaf kalian, karena meluruskan shaf bagian dari kesempurnaan shalat." (HR. Muslim)

Selain itu kita juga diharapkan agar merapatkan shaf hal ini di lakukan agar setan tidak dapat masuk kedalam sholat kita.

"luruskan shaf, rapatkan pundak, dan tutup celah, perlunak pundak kalian untuk saudaranya, dan jangan tinggalkan celah untuk setan." (HR. Abu Daud).

7. Ikuti gerakan imam 

kita dilararang di dalam sholat berjamaah mendahului gerakan imam atau bahkan lebih lambat dari imam. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"imam ditunjuk untuk diikuti makmum, karena itu, janganlah menyelisihi imam. apabila dia rukuk maka rukuklah, apabila dia i'tidal, ucapkanlah 'rabbana laka hamdu', dan apabila sujud maka sujudlah." (HR. Bukhari dan Muslim).

adapun apa bial imam lupa akan gerakan sholat maka makmum hendaknya mengingatkan imam dengan mengucapka subhanallah. 

demikianlah adab di dalam sholat berjamaah semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan