Tertarik juga

Rabu, 01 Februari 2017

adab dan tata cara berdoa






ADAB DI DALAM BERDO'A MENUNTUN MENUJU RIDHA-NYA 


Do'a adalah senjata bagi orang mukmin, dengan doapun kita dapat menghaturkan permohonan kita kepada zat yang Maha Kaya. Doa merupakan bukti bahwa kita adalah hamba yang lemah, yang sangat butuh karunia Allah SWT yang Maha pemurah. Oleh karena itu Allah, memotivasi kita untuk banyak berdoa. Dia menunjukkan bahwa ia dekat dengan hambanya dan merespon doa setiap hambanya.


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Artinya:
"Apabila para hamba-Ku bertanya tentang Aku, sampaikan Aku dekat (mengetahui semuanya).Aku mengijabahpermohonan orang yang berdoa ketika dia berdoa kepada-Ku." (QS, Al-Baqarah: 186).

Sebaliknya bila kita enggan untuk berdoa atau tidak mau berdoa, Allah SWT menganggapnya sebagai orang yang sombong. Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

yang artinya:
"berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku jabahi doa kalian. sesungguhnya orang-orang yang bersikap sombong terhadap masalah ibadah(dengan enggan berdoa) kepada-Ku, mereka akan masuk ke neraka jahannam dalam keadaan yang hina." (QS. ghafir: 60)




agar doa kita di terimah atau semakin mustajab ada adab yang perluh di perhatikan dalam berdoa.


1. MENCARI WAKTU YANG MUSTAJAB

Allah SWT telah memilih beberapa waktu yang mustajab disaat kita berdoa di antaranya ialah:


  • hari arafa,
  • bulan ramadhan,
  • sore hari di hari jum'at,
  • waktu sahur (1/3 malam terakhir). 
nabi Salallahualaihi wasallam pernah bersabda yang artinya: 
"Allah ta'ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ' siapa yang berdoa kepada-Ku, akan kabulkan, siapa yang meminta akan ku berikan, dan siapa yang memohon ampunanpasti Aku ampuni." (HR. Bukhari&Muslim).

dan perluh kita ketahui salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa ada antara adzan dan iqama. 
"doa antara adzan dan iqamah tidak tertolak" (HR.Abu Daud, Nasa'i dan Tirnidzi).

ternyata dalam posisi bersujud pun salah satu waktu yang mustajab. mengapa, ketiak orang dalam posisi bersujud, dalam keadaan terdekat antara tuhan dan hambanya ketika kita adalah dalam keadaan bersujud. maka perbayaklah berdoa ketika sedang bersujud.

2. MENGHADAP KIBLAT DAN MENGANGKAT TANGAN

Ketika Rasulullah SAW berada di arafah, beliau menghadap kiblat seraya berdoa sampai matahari terbenam. Ada suatu hadist yang mengatakan sesungguhnya Tuhan itu malu dan Maha pemberi. Maksud dari kata ini adalah, Dia malu kepada hamba-Nya ketika mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hamba-Nya kembali dengan tangan kosong (tidak di kabulkan).

                                             

adapun cara mengankat tangan ialah dengan mengabungkannya lalu mengangkatnya setinggi wajah.

3. MEMUJI DAN BERSHALAWAT KEPADA ALLAH SWT DAN RASUL-NYA

Hendaknya sebelum kita berdoa, kita harus memuji Allah. dengan menyebut asmaul husna. apabila kita di dalam berdoa, tidak memuji Allah dan bershalawat kepada nabi, maka kita dianggap terburu-buru di dalam berdoa. "apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengangungkan Allah, kemudian bershalawat kepada nabi SAW.kemudian berdoalah sesuai kehandaknya." (HR. Ahmad & Abu Daud).


4. BERDOALAH DENGAN SUARA LEMBUT


Berdoalah dengan suara lembut. janganlah kita berdoa dengan suara yang keras dan jangan pula dengan suara yang rendah carilah jalan tengahnya. Allah SWT lebih menyukai orang yang berdoa dengan suara lembut. suatu hari ada orang yang bershalawat denga suara keras, lalu Nabi menegurnya. sesungguhnya Allah meha mendengar apa yang kau inginkan maka lembutkanlah suara mu.

5. BERDOA DENGAN KHUSHYUK



Hendaknya kita berdoa dengan merendahkan hati, dan penuh harap kepada Allah agar dikabulkan oleh yang Maha pencipta, adapun yang terpenting ialah memantapkan hati, bahwa Allah niscaya akan megabulkan doa kita dan kita selalu hanya berharap kepada-Nya. 
serta jaganlah berfikir bahwa doa kita tidak terkabul, apabila kita menganggap bahwa doa kita tidak akan terkabulkan maka kita akan menjadi malas di dalam berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan