Tertarik juga

Sabtu, 20 Mei 2017

Keutamaan bulan Suci Ramadhan



MENUJU BULAN YANG SUCI




Tidak beberapa lama lagi kita akan memasuki bulan yang penuh dengan kemuliaan, yang disebut dalam sabda Nabi SAW: "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan keberkahan, yang didalamnya ada satu malam, yang satu malam itu lebih baik dari seribu bulan."

Malam itu adalah malam 'lailatul qadar' disebutkan dalam hadits Nabi SAW : 

"barang siapa yang shalat dimalam qadar, karena dorongan iman serta mengharapkan pahala dari Allah SWT. Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu."  (HR.  Bukhari dan Muslim ).    

Bulan ramadhan adalah bulan yang maghfirah, maka seharusnya kita memanfaatkan bulan ini dengan mempersiapkan perbekalan-perbekalan sehingga kita dapat maksimal di dalam beribadah kepada Allah SWT dan kitapun juga dapat keluar dari bulan ramadhan dalam keadaan yang di ampuni oleh Allah SWT. maka Sungguh amat rugi orang-orang yang bertemu dengan bulan ramadhan lantas Allah SWT tidak mengampuni dosa-dosanya.

Di kisahkan pada suatu ketika Rasulullah SAW pernah naik keatas mimbar, pada tangga pertama Nabi mengatakan amiin, pada tangga kedua lagi Nabi mengatakan amiin, begitupun pada tangga yang ketiga Beliau mengatakan amiin. selesai itu Nabi SAW ditanya. 

ya Rauslullah apa amiin mu tadi, Beliau menjawab : 

"telah datang Jibril kepada ku, dan mengatakan hina dina dan celaka seseorang yang nama ku disebut, lantas dia tidak bersalawat kepada ku, katakan amiin ya Muhammad." maka aku pun mengamiinkan.

amiin yang kedua, "hina dina dan celaka seseorang dia bertemu dengan kedua orang tuanya atau salah satunya dan dia tidak berbakti kepadanya maka katakan amiin." aku pun mengamiinkan. 

dan yang ketiga "hina dina dan celaka seseorang yang bertemu dengan bulan ramadhan, dia ternyata tidak diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT di bulan ramadhan, maka katakan amiin." Nabi SAW pun mengamiinkan.

Bulan ramadhan memiliki banyak keistimewaan tidak sama dengan bulan-bulan lainnya, namun keistiewaan tersebut akan kita raih, dan kita dapatkan ketika kita memiliki persiapan dan perbekalan didalam menghadapinya. apa sajakah bekal tersebut diantaranya:

Bekal yang pertama adalah ilmu, ya kita seharusnya memiliki bekal ilmu, karena dengan ilmu kita mengetahui apa yang akan kita lakukan didalam bulan ramadhan, sesuai dengan apa yang telah dibimbing oleh Rasulullah SAW, karena ramadhan merupakan salah satu dari rukun islam dan Nabi telah mencontohkannya.

bekal yang kedua adalah saat kita berpuasa sebaiknya perbanyaklah membaca Al-Qur'an, bersedekah, menyambung hubungan kita, memperbanyak dzikir dan doa kita Allah SWT.

miliki ilmunya sebelum kita berbuat, sebelum kita berucap, sebelum kita beramal karena tanpa ilmu maka akan terasa hampa ramdhan tersebut. bulan ramadhan akan seperti bulan biasa karena kita tidak memiliki ilmu tentang bulan ramadhan. Allah SWT telah istimewakan bulan ini didalam kitabnya maupun didalam hadits-hadits Nabi-Nya SAW 

semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan fisik kita terlebih lag iman kita sehingga kita bisa memasuki bulan yang mulia ini sehinnga amal kita akan diterima Allah SWT.  semoga bermanfaat. Amiin.                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan