Tertarik juga

Senin, 29 Mei 2017

Malaikat Di hati Manusia




MALAIKAT YANG MELINTASI ILHAM DI HATI MANUSIA 


Disebutkan, bahwa antara malaikat dan syetan, satu dangan yang lain saling berebut pengaruh untuk menguasai jiwa/hati manusia. Jika dalam berebut pengaruh itu malaikat bisa mengalahkan syetan maka malaikat itu menimbulkan gurisan-gurisan terpuji dalam hati manusia. Sedang gurisan itu namanya ilham.

Kemudian gurisan-gurisan itu menggerakkan keinginan, dan keinginan menggerakkan cita-cita, lalu cita-cita menggerakkan niat, dan niat menggerakkan anggauta badan, untuk berbuat hal-hal yang bermanfaat di akherat. Keterangan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: 


فِى الْقلبِ لَمَّثَا نِ, لَمَةٌ مِنَ الْمَلَكِ, اِيْعَا دٌ بِا لْخِيْرِ وَتَصْدِ يْقٌ بِا بَا لْحَقِّ فَمَنْ وَ جَد ذَ لِكَ فَلْيَعْلَمْ اَ نَّهُ مِنَ اللهِ سُبْحَا نَهُ وَ تَعَا لَلى وَلْيَحْمَدِ اللهَ,وَلَمَةٌ مِنَ العَدُوِّ, اِ يْعَا دٌ بِا لشَّرِّوَتَكْذِ يْبٌ بِا اْلحَقِّ وَنَهْيٌ عَنِ الْخَيْر فَمَنْ وَجَدَ ذَ لِكَ فَلْيَسْتَعِذْ بِا للهِ مِنَ الشَيْطَا نِ الرَّ جِيْمِ ثُمَّ تَلاَ قَوْ لُهُ تَعَا 
لَى : اَلشَّيْطَا نُ يَعِدُ كُمُ الْفَقْرَ وَ يَأْ مُرُ كُمْ بِالْفَحْشَاَ ءَ.


Artinya : "pada hati itu ada dua lintasan, ada kalanya lintasan dari malaikat, yaitu berupa perjanjian dengan kebajikan dan pembenaran dengan yang benar. Maka hendaklah diketahui, bahwa itu dari Allah SWT. oleh sebab itu hendaklah ia memuji kepadany Dan adakalanya lintasan dari syetan, yaitu berupa perjanjian dengan kejahatan dan pembohongan, dengan yang benar dan pencegahan dari kebaikan. Maka jika ia berlindung dengan Allah SWT dari syetan yang terkutuk."




Kemudian Nabi SAW. membacakan firman Allah SWT yang artinya: 

"syetan menjanjikan kemiskinan kepada kamu, dan menyuruh berbuat perbuatan keji."  

Keterangan diatas diperkuat pula dengan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah: bahwa ketika Nabi Adan AS, diturunkan kebumi beliau berdoa:

ya Tuhanku, antara aku dan iblis Engkau jadikan saling bermusuhan. Oleh sebab itu jika Engkau tidak menolongku, niscaya aku tidak sanggup menghadapinnya.



Allah berfirman : Apabila engkau melahirkan seorang anak, maka diwakilkan malaikat kepadanya.
Nabi Adam berdo'a lagi : ya Tuhanku tambahkanlah kepadaku!

Allah berfirman : Aku balas satu kejahatan dengan satu dosa, dan aku balas satu kebaikan dengan sepuluh kali lipat/ sebanyak yang aku kehendaki.

Nabi Adam AS. berdo'a lagi : ya Tuhanku tambahkanlah untukku!

firman Allah : pintu taubat itu tetap terbuka, selama nyawa masih dalam badan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan