Tertarik juga

Kamis, 25 Mei 2017

Keistimewaan bersholawat Kepada Nabi saw.



MALAIKAT YANG MENYAMPAIKAN SHOLAWAT 
DAN SALAM UMMAT MUHAMMAD



Adapun keterangan yang menyatakan tentang adanya malaikat yang bertugas menyampaikan sholawat dalam salam ummat Muhammad SAW adalah :
- Diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan Ammar bin Yasir r.a. bahwa Rasulullah SAW, bersabda yang artinya :

"Sesungguhnya Allah SWT, telah menciptakan malaikat yang diberi pendengaran semua makluk. Ia berdiri diatas kuburku sampai hari kiyamat. Bila seseorang dari ummat bersholawat atasku, ia menyampaikannya kepadaku dan berkata : Hai Muhammad, fulan bin fulan telah besholawat atasmu.
Maka  para sahabat bertanya: Ya Rasulullah, bagaimana maksud firman : Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi ?
Nabi SAW, bersabda : Bahwa itu termasuk bagian dari pengetahuan yang tersimpan. Seumpama tidak engkau tanyakan, maka tidak akan ku beritahukan. Bersabda Rasulullah SAW : Allah SWT telah menugaskan dua malaikat bagiku. Tiada seorang muslim mendengar namaku disebut, lalu ia bersholawat kepadaku, melainkan berkata kedua malaikat itu : Allah SWT telah mengampunimu. lalu yang lain menjawab : Amiin."



Demikian juga tiada disebut namaku disisi seorang muslim, tetapi ia tidak bersholawat kepadaku, melainkan kedua malaikat itu berkata, Allah SWT tidak mengampunimu. Dan malaikat yang lain menjawab : Amiin. 

- Diriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: 
"Sesungguhnya Allah Ta'ala itu telah menciptakan malaikat yang selalu memegang kalam dari emas, dan kertas dari perak. Mereka menulis sesuatu, selain ucapan shalawat yang dibaca untukku dan keluargaku."

- Diriwayatkan oleh Abdur Rahman bin 'Auf r.a. bahwa Rasulullah SAW, bersabda :
"Jibril telah datang kepadaku dan berkata : Wahai Muhammad! tiada seorang bersholawat untukmu, melainkan bersholawat untuk dia tujuhpulh ribu malaikat. Dan siapa yang malaikat bersholawat untuknya, dia termasuk ahli syurga."



- Diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda :
"Jibril telah datang kepadaku bersama-sama Mika'il, Israfil, dan Izra'il. Jibril berkata : Wahai Rasulullah, siapa yang besholawat untukmu sepuluh kali tiap-tiap hari, akan kutuntun tangannya melewati shirath seperti kilat menyambar. Mika'il berkata : aku yang akan memberinya minum ditelaga engkau. Israfil berkata : aku akan bersujud kepada Allah SWT, dan tidak kuangkat kepalaku sebelum Allah Ta'ala mengampuninya. Dan Izra'il berkata : dan aku akan mencabut ruhnya seperti mencabut ruh para Nabi AS."

  
Demikianlah beberapa hadits yang menerangkan betapa besarnya manfaat dan pahala didalam bersholawat kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW. semoga kita selalu dapat mengamalkannya. amiin. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan