Tertarik juga

Selasa, 23 Mei 2017

Doa penghapus Segala Dosa Kecil





ARASY ADALAH KHAZANAH SEGALA SESUATU



Atstsa'labi berkata: diriwayatkan dari Ja'far, dari Muhammad dari ayahnya, bahwa neneknya berkata: terdapat di 'Arasy semua gambar sesuatu yang lebih telah diciptakan oleh Allah SWT di darat dan laut itulah, arti firman Allah SWT :

"Tiada sesuatu melainkan daripada kami khazanahnya"

disebutkan, bahwa Ali bin Al-Husain berkata: 
"... Arasy diciptakan dari bermacam-macam cahaya. diantaranya hijau yang menjadi sumber dari warna hijau. Kuning yang menjadi sumber dari warna kuning. Merah yang menjadi sumber dari warna merah. Dan putih yang menjadi sumber dari cahaya siang hari. Kemudian dijadikannya tujuhpuluh juta lapis. Tiap-tiap lapis bertasbih, bertahmid, dan mensucikan Asma Allah SWT dengan bermacam suara."

Jika para makluk diizinkan oleh Allah bisa mendengarkan suara-suara itu, niscaya hancurlah gunung-gunung, gedung-gedung, dan air laut bisa kering. Imam Qurthubi dan sebagian Ulama' ahli Tafsir berkata: bahwa Arasy itu berbentuk Tahta. Ia diciptakan oleh Allah, dan menyuruh malaikat mendukungnya, memikulnya, beribadah dengan memuliakannya, dan serta bertawaf di sekelilingnya. Demikian itu sabagaimana Allah SWT telah menciptakan Baitullah dibumi, dan memerintahkan bani Adam bertawaf dan berkiblat kepadanya.



Firman Allah SWT, artinya: 

"Mereka (para malaikat) pemikul 'Arasy dan yang berada di sekitarnya menyuarakan puja kepada Tuhannya, beriman kepada-Nya , dab memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman, begitu luasnya rahnat dan ilmu-Mu, meliputi segala-galanya. karena itu berilah ampun kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu, peliharalah mereka dari siksa api neraka yang bernyala-nyala."


"oh Tuhan kami, masukkanlah mereka kedalam syurga Adn, yang Engkau janjikan kepada mereka, dan orang-orang shalih diantara para bapak, istri dan anak-anak keturunan kami. sesungguhnya Engkau Maha Perkasa dan Bijaksana."


"Peliharalah mereka dari perbuatan-perbuatan jahat, sebab orang-orang yang Engkau pelihara dari perbuatan jahat itulah yang telah beroleh rahmat-Mu pada hari kiyamat. itulah suatu keberuntungan yang paling besar."


- Disebutkan, bahwa Ali r.a. berkata: bahwasanya pemangku (pendukung) Arasy ada empat malaikat. tiap malaikat berwajah empat. Landasan tapak kaki mereka berada dibawah bumi tujuh. sejauh perjalanan lima ratus tahun.

- Abdullah bin Abbas r.a. berkata : setelah Allah menciptakan Arasy lalu memerintahkan para malaikat untuk mendukungnya. Oleh karena dirasa berat, mereka diperintahkan membaca "SUBHAANALLAAH". Ternyata dengan membacanya itu, dirasa beban beratnya agak berkurang. Maka bacaan itu terus menerus dibaca hingga terciptanya Adam AS. Ketika ruh Adam masuk, dan beliau membaca "ALHAMDULILLAH", lalu dijawab oleh Allah SWT dengan "YARHAMUKALLAH", dan karena itu Aku menciptakan engkau wahai Adam. mendengar itu, para malaikat  pendukung Arasy berkata; kalimat itu adalah kalima yang mulia. Oleh karena tidak patut jika kami tinggalkan. Maka sejak itu mereka mengucapkan "SUBHAANALLAH WALHAMDULILLAH", ternyata sesudah itu beban yang dipikul semakin berkurang.

Dan ketika Allah SWT mengutus nabi Nuh AS, beliau merupakan nabi pertama yang diutus menyeruhkan kaumnya membaca "LAAILAAHAILLALLAAH", berkata malaikat pendukung Arasy: inilah kalimah yang ketiga yang harus kita sambungkan dengan kalimat-kalimat itu.

sejak itu mereka senantiasa mengucapkan "SUBHAANALLAAHU WALHAMDULILLAHI WALAA ILAAHAILLALLAAH", hingga  diutusnya nabi Ibrahim untuk menyembelih kurban putranya. Waktu itu nabi Ibrahim menyaksikan malaikat membawa seekor domba untuk disembelih sebagai pengganti dari putranya, dengan mengucapkan "ALLAHU AKBAR".

Mendengar ucapan itu para malaikat pendukung Arasy berkata: Inilah kalimat keempat yang patut kami sambungkan dengan kalimat-kalimat yang kami ucapkan. Lalu setelah para malaikat pendukung Arasy itu menyambungkannya menjadi "SUBHAANALLAHU WALHAMDI LILLAAHI WALAA ILAAHA ILLAALALLAH WALLAAHU AKBAR".

Sewaktu jibril menceritakan hal itu kepada Nabi Muhammad SAW. sebab ta'jub beliau bersabda: "LAAHAULA WALAAQUWWATA ILLAABILLAAHIL 'ALIYYIL 'AZHIIM". Setelah Jibril mendengar ucapan Rasulullah SAW itu, ia segera berkata: Ucapan ini patut disambungkan dengan kalimat yang dibaca oleh malaikat-malaikat pendukung Arasy.

Bersabda Rasulullah SAW : bahwasanya Allah Ta'ala itu telah menciptakan sebuah tiang disisi Arasy. Dan ketika ada seseorang hamba mengucapkan kalimat "LAAILAAHA ILLALLAAH MUHAMMADUR RASULULLAAH", bergoncanglah tiang itu. Lalu Allah SWT berfirman: Diamlah engkau, wahai tiang! Maka jawabnya : Bagaimana aku bisa tenang kembali, sedang Tuhan belum mengampuni dosa pembacanya. !

Lalu Allah Ta'ala berfirman: Aku telah mengampuni dosanya! setelah itu barulah si tiang itu tenang kembali.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan