Tertarik juga

Senin, 04 Desember 2017

Jangan Jadi Orang yang boros...



 BERLEBIHAN DALAM PENGGUNAAN AIR UNTUK MANDI

Gambar terkait


Sebagian orang ada yang sangat berlebihan saat menggunakan air untuk mandi. Terkadang kita membuka shower atau kran air terlalu besar dan terkadang membiarkannya mengalir hingga banyak air yang terbuang secara sia-sia.

Perbuatan seperti ini merupakan tindakan pemborosan dan merupakan sesuatu yang dilarang. Allah swt, telah berfirman, "Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya, pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan-setan itu adalah sangat ingkar kepada tuhannya." (QS Al-Isra [17]: 26-27)  

Tindakan pemborosan juga menyalahi sunnah Rasulullah saw. Sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik ra. berkata, "Rasulullah saw. mandi dengan satu sha' hingga mudd air dan berwudhu dengan satu mudd . 

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah saw. dan para sahabat beliau tidak berlebihan dalam menuangkan air. Begitu juga yang dilakukan oleh orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Imam Ahmad berkata, "salah satu tanda pahamnya seseorang (mengenai agama) adalah sedikit dalam penggunaan air."



selain itu Al-Marwaazi berkata, "Imam Ahmad berwudhu dan air yang ia pergunakan hampir tidak membasahi tanah." Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan dinyatakan sahih oleh Al-Bani dari Abdullah bin Mughaffal ra. berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, "Sungguh akan ada pada umat ini suatu kaum yang berlebihan dalam bersuci dan berdoa."   

Selain itu beberapa orang terkadang ketika telah bangun dari tidurnya dimalam hari, ia memasukkan tangannya kedalam bejana atau bak yang berisi air untuk mandi dan berwudhu tanpa mencucinya terlebih dahulu sebanyak tiga kali. 

Hal ini menyalahi petunjuk yang diberikan oleh Rasulullah saw. Beliau bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, janganlah ia memasukkan tangannya kedalam benjana hingga ia mencucinya sebanyak tiga kali karena pada saat tidur ia tidak tahu dimana tangannya berada.".






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan