Tertarik juga

Sabtu, 12 Januari 2019

Ciri ciri Imam Mahdi










Pada saat sedang gencar-gencarnya fitnah dajjal di bumi dan hampir dari penghuni didunia menjadi pengikutnya, tiba-tiba alam ini di kejutkan dengan adanya suara tanpa rupa yang mengatakan ''wahai manusia sesungguhnya telah keluar dari kota mekah, dia berasal dari kota qarimah" keluarnya imam mahdi ini bertepatan pada malam 10 zulhijjah atau ganjil dari tahun hijriah. 



Suara yang tidak biasa terdengar oleh seluruh manusia didunia ini, dan semua paham akan maksud dari suara ini setelah itu manusia akan berbondong-bondong untuk pergi ke Mekkah mereka ingin tahu wajah imam mahdi yang sebenarnya. Pada saat itu iblis mulai kebingunggan sebab orang yang akan menyelamatkan keimanan manusia sudah muncul, Dialah yang nantinya akan menjadi musuh dari iblis dan dajjal. Munculnya imam mahdi ini merupakan tanda-tanda besar bahwa akan terjadinya kiamat kubra.

Dari segi bahasa Al Madhi artinya orang yang diberi petunjuk pimpinan dan kenegaraan, Al Mahdi adalah pemimpin yang menjalankan syariat Allah dan berlaku terhadap rakyatnya tanpa membeda-bedakan, tentunya kita dapat menemukan banyak pemimpin-pemimpin yang adil yang diberi petunjuk oleh Allah swt. pemimpin yang seperti itu tentu sudah ada sepanjang masa keemasan Islam mereka semua dapat dikategorikan sebagai Al Mahdi karena mereka memimpin berdasarkan syariat Allah dan menegakkan keadilan di muka bumi ini. 


Akan tetapi yang dimaksud adalah Imam Mahdi yang akan keluar pada akhir sama bersamaan dengan turunnya Nabi Isa Al Masi, imam Mahdi yang dimaksudkan adalah seorang pemimpin yang memegang kendali ummat memimpin dengan berlandaskan dasar Islam, menebarkan keadilan di antara manusia, tidak ada satu sunnah Islam kecuali dia menegakkannya, tidak ada bid'ah kecuali dia memberantasnya saat itu.

Imam Mahdi adalah seorang muslim berusia muda yang akan dipilih oleh Allah swt. untuk menghancurkan segala bentuk ke zaliman dan keadilan sebelum datangnya hari kiamat, Al Mahdi adalah Muhammad atau Ahmad ia adalah putra Abdullah yang masi keturunan Rasulullah saw. dari Saidina Husain putra fatimah binti Muhammad saw.  



Imam Mahdi ada laki laki yang masi muda, muka nya bersinar, jenggotnya sempurna, pada pipinya terdapat tahi lalat, kulitnya bangsa arab tidak kuning tidak pula hitam. Bentuk tubuhnya seperti bentuk tubuh israel yaitu besar tinggi. 

Dari Abu Sa'id al Kudri, Rasulullah saw bersabda :

"Al Mahdi berasal dari keluargaku, ubun-ubunnya tidak berambut, berhidung mancung, dia akan menyebarkan keadilan dan kebijaksanaan di seluruh penjuru bumi setelah sebelumnya diliputi oleh kezaliman dan kerusakan, dan dia berkuasa selama 7 tahun". (HR. Abu Daud)

Baca juga : Ya'juj dan Ma'juj

"Al Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku. Warna kulitnya seperti kulit orang arab dan fisiknya seperti orang israel" (HR. Muslim)



Sifat Al Mahdi ialah seperti menyerupai akhlak dari Rasulullah saw. kasi sayang nya, pemurahnya, tawadduh, keberaniaan, tawakkal, keadilan, sabar, takut nya pada Allah dan khusyuk nya dalam sholat seperti pada Rasulullah saw. 
Dalam mengatur pemerintahannya Imam Madhi bertempat tinggal di negara Arab namun hukum pemerintahannya biasa di laksanakan keseluruh dunia, sedangkan untuk mengendalikan pemerintahan di negeri diluar dari arab, Imam Mahdi mengangkat wakilnya seperti gubernur diambilkan dari orang-orang yang terpilih dan cakap, Imam Madhi memiliki wakil yang sangatlah banyak. Pada saat itu hukum islam benar-benar ditegakkan tidak ada yang mengatur negara dan rakyat selain dari pada hukum Islam sendiri. 

"Imam Madhi menegakkan Syariat Islam, serta menghidupkan apa-apa yang sudah tercecer dari sunnah Rasulullah saw. Sejak saat itu Islam menjadi jaya dan luhur kalimatnya, yakni masa kekuasaan Imam Mahdi tersebut hingga dapatlah ditetapkan pemerintahannya di atas bumi". (HR. Abu Daud)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan