Tertarik juga

Selasa, 24 Januari 2017

Keutamaan wudhu



JAGALAH WUDHU, JANGANLAH SEMBARANG DIDALAM BERWUDHU 



Segala puji hanya bagi Allah SWT, yang telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan Dzat yang menciptakan kita sebagai hamba-Nya yang suci. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah SAW, seseorang yang di utus Allah, yang di turukan  untuk menjadi rahmat lilalamin bagi seluruh umat..

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang manfaat dan faedah terbesar dalam perintah berwudhu yang cukup sederhana. Wudhu, kata ini sudah sering anda dengar, wudhu adalah salah satu syarat wajib di dalam melaksanakan kewajiban shalat, baik itu shalat wajib maupun sunah. Namun masih banyak saja orang yang melaksanakan wudhu dengan asal-asalan atau kurang benar seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw, biasanya ini karena banyak orang yang kurang paham bahkan sama sekali tidak mengetahui makna tersembunyi didalam wudhu ini, maka saat ini anda haruslah mulai tahu atau mencari tahu, karena itu sangatlah penting bagi anda dan bermanfaat tentunya.


Wudhu merupakan kata serapan, dari asal kata bahasa arab yang sudah lazim di ucapkan secara fasih oleh kaum muslimin di indonesia. Dalam kamus besar bahasa indonesia wudhu artinya menyucikan diri ( sebelum sembahyang). Namun, menurut bahasa arab wudhu artinya : bersih, yaitu perbuatan-perbuatan mengambil air wudhu yang suci lagi menyucikan.

wudhu mampu menyembuhkan penyakit
\

MANFAAT DIDALAM BERWUDHU.

Lalu apa manfaat didalam berwudhu, dikisahkan bahwa, suatu ketika ada seorang yang mengalami sakit mata, lalu seorang tabib tua mendatanginya. Lalu si tabib berkata kepada orang tersebut," jika kamu ingin cepat sembuh, janganlah matamu itu sampai terkena air" pesan si tabib tersebut. Namun orang tersebut tidak percaya dengan perkataan si tabib tua tersebut. Tidak lama setelah tabib itu pergi ia nekat berwudhu, dengan membasuh muka dia untuk shalat kemudian tidur. keesokan pagi ke ajaiban pun terjadi, mata orang tersebut sembuh dan normal kembali.

berdasarkan dari kisah di atas, dapat di simpulkan bahwa wudhu tak hanya dapat mendatangkan pahala, namun juga kesehatan dan dapat memancarkan sinar hidayah kepada orang lain, mengapa demikian??. lanjut kisah, ternyata si tabib yang mendengar kabar itu, dia begitu terkejut, ternyata sebenarnya tabib itu sendiri beragama nasrani. Namun, setelah melihat peristiwa itu, dia beriman dan masuk ke dalam agama islam. sumgguh luar biasa,.




pada kisah di atas hendaknya kita sadar dalam menyempurnahkan wudhu kita, namun ironisnya, masih banyak sekali di antara kita sekalian yang menganggap wudhu hanya syarat sah di dalam melakukan shalat, sungguh jangan sampai kita ternmasuk didalam orang-orang yang rugi.

WUDHU DAPAT MENJADI JALAN MUDAH ORANG MENUJU SURGA



suatu hari, Rasulullah s.a.w. bertanya kepada bilal, " Wahai Bilal! ceritakanlah kepadaku tentang suatu perbuatan yang paling bermanfaat yang telah kamu lakukan setelah memeluk Islam. sebab, semalam aku mendengar langkah sandalmu di depan ku di surga." Bilal berkata : "yaitu berwudhu dengan sempurnah pada setiap waktu malam dan siang, dan kemudian shalat sunah wudhu sebanyak yang Allah kehendaki." (H.R. Abu Hurairah) 

Dari kisah diatas ternyata wudhu juga dapat menjadi kunci orang masuk kedalam surga, karena wudhu itu juga di lakukan bila mana kita ingin melaksanakan shalat fardhu.



Adapun syarat wudhu & fardhu wudhu: 
1. islam
2. berakal ( sudah balik)
3. memakai air suci dan mensucikan
4. tidak sedang berhadas kecil maupun besar
5. tidak ada yang menghalagi samapainya air wudhu ke kulit

ada pun fardhu wudhu adalah: 
1. niat
2. membasuh muka secara merata
3. membasuh kedua tangan samapi siku secara merata.
4. mengusap sebahagian kepala.
5. membasuh kaki sampai kedua mata kaki secara merata.
6. tertib dan berurutan



PAHAL DIDALAM BERWUDHU:

Lalu apakah yang menjadi keutamaan berwudhu, yaitu termasuk dalam mengugurkan dosa-dosa yang telah berlalu. Sungguh besar rahmat dan ampunan dari Allah SWT hingga kita dapat memperoleh keridha-Nya. ada suatu hadits yang mengatakan bahwa: "apabila seorang muslim berwudhu, akan keluar dosa-dosanya dari pendengarannya, penglihatannya, tangannya dan kedua kakinya sehinggah ketika ia duduk memnti shalat, ia duduk dalam keadaan diampuni dosa-dosanya oleh Allah"  (H.R. Imam ahmad bin hambal (5/252) dan haditsnya berderajat Hasan dari abi umamah)




apabila seseorang berwudhu dengan sempurnah dan kemudian melangkahkan kedua kakinya menuju ke mesjid untuk melaksanakan shalat secara berjamaah, maka setiap langkah kakinya itu akan dihitung oleh malaikat serta mendapat pahala untuknya. Adapun haditsnya adalah: " barang siapa yang berwudhu begini (sempurnah), niscaya akan diampunilah baginya dosa-dosanya yang lalu dan shalat, serta perjalananya menuju ke mesjid adalah penambah pahala.(H.R. MUSLIM 3/113).

sungguh masih banyak lagi manfaat serta faedah di dalam melaksanakan perintah wudhu ini. namun perluh dipahami dan harus di garis bawahi, bahwa wudhu yang baik, benar dan sempurnahlah yang seperti di contohkan Nabi Muhammad saw, ingin di raih agar kita mendapat ridha dari Allah SWT . demikanlah artikel ini semoga bermanfaat bagi anda dan juga keluarga anda. semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan