Tertarik juga

Minggu, 05 Februari 2017

Pahala Shalat Anda bisa Hilang Karena Hal Ini





SHALAT TAPI SIA-SIA


bisakah kita bayangkan sudah berapa kali kita sholat selama didunia ini, sudah ribuan kali rukuk, sudah ribuan kali pun kita sujud. namun bisakah kita memastikan dari sekian ribu sholat yang di tunaikan itu berapa niat yang benar, yang kita lakukan karena Allah. ibadah yang ikhlas karena  Allah bukan karena ada peran-peran yang lainnya.

didalam hati seseorang tiada yang mengetahuinya kecuali Allah sendiri. ternyata didalam Al-qur'an disebutkan ada orang-orang yang bermasalah dengan sholatnya bukan dari gerakan namun dari isi hati orang tersebut.

"maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya" (Al-Ma'un 107: 4-5).



bagi orang yang tidak shalat celaka itu wajar, namun ada orang yang shalat masih tetap celaka berarti ada yang salah di dalam ibadah shalatnya. dalam hal ini orang ini termasuk golongan yang merugi, mungkin karena dia lalai di dalam shalatnya. apakah diantara bentuk kelalainya. ternyata dari sambungan ayat Al-Ma'un di atas yang artinya: "orang-orang yang berbuat riya". inilah salah satu penyakit yang dapat menghilangkan segala pahala ibadah adalah riya. atau mungkin bukan cuman riya namun ingin dilihat oleh orang maupun kawan.


sebanyak apapun kita beramal namun niat kita bukan karena Allah maka hati-hati yang dihisab oleh Allah nanti adalah niat bukan seberapa banyak kita melakukan amalan.


didalam Al-qur'an terdapat peringatan untuk seluruh amalan kita bagi orang yang beriman, akan dilihat apakah dia memiliki iman yang kuat, standar, maupun iman seseorang yang bermasalah. jangan pernah anda gugurkan (batal). maksud dari kalimat ini kita ambil contoh niat, misalkan ada orang yang shalat lalu dia membatalkan niatnya maka shalatnya ikut batal, namun bila dia masih saja meneruskan shalat itu, maka apakah dia mendapat pahala tentu tidak, apakah dia capek di dalam melaksanakannya tentu capek. orang itu hanya capek saja tapi tidak mendapatkan apa-apa dalam ibadahnya tersebut.



mungkin inilah hal singkat yang dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit yang menjadi penghalang kita didalam beribadah dengan ikhlas kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan