Tertarik juga

Jumat, 01 Desember 2017

Salah Satu Perkara yang sering orang lupakan Dalam Berwudhu

Tidak Membaca Basmalah Saat akan Berwudhu




Tahukah ada orang yang tidak membaca basmalah saat akan berwudhu, ini bisa jadi karena lalai atau tidak tahu. Perluh diketahui hal itu adalah sebuah kesalahan dan sudah semestinya seorang muslim mempelajari agamanya. Rasulullah saw. telah bersabda, " Tidak sah shalatnya orang yangg tidak berwudhu dan tidak sah wudhunya orang yang tidak membaca basmalah." (Hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi, no. 25, Ibnu Majah, no. 398).

Di antara ulama yang berpendapat wajibnya membaca basmalah saat akan berwudhu adalah Hasan Al-Bashri, Ahmad bin Hanbal dalam sebuah riwayat, dan Ishaq bin Raahawaih.

Yang dimaksud dengan membaca basmalah saat akan wudhu adalah anda membaca, "Bismillah" saja. Begitu juga saat akan menyantap makanan dan menyembelih hewan, tidak seperti yang dikatakan oleh orang-orang, "Bismillahirrahmanirahim."  karena itu dibaca hanya ketika akan membaca Al-Qur'an jika memulai dari awal surah, terkecuali surah At-Taubah.


Sepatutnya seorang muslim dalam beribadah merasa cukup dengan tata cara, jumlah, bilangan jenis dan waktu yang sudah ditentukan oleh Rasulullah saw. tidak boleh menambah-nambah atas apa yang telah menjadi ketetapannya, hal ini berdasarkan sabda beliau, "Barangsiapa yang membuat perkara baru dalam ajaran kami ini yang tidak ada perintah dari padanya maka hal itu tertolak." 

Sungguh bukankah ini suatu yang sangat bermanfaat bagi kita bahwa Rasulullah sangat peduli dan cinta kepada umatnya. Tidak sadarkah kita bahwa karena wudhulah yang menghantarkan Bilal masuk kedalam surga, namun bisa saja karena wudhulah seseorang bisa masuk kedalam api neraka. astagafirullahaladzhim.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan