Tertarik juga

Minggu, 11 Juni 2017

Malaikat Yang Turun Kedunia Pada Malam Lailatu Qadar



MALAIKAT YANG TURUN DI MALAM 
LAILATUL QADAR 






Adapun keterangan yang menyebutkan tentang adanya malaikat yang turun di malam Lailatul Qadar adalah didalam surah Al-Qadr yang artinya.

(1). Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Qur'an pada suatu malam kemuliaan  (Lailatul Qadar). 
(2). Dan tahukah kamu, apakah malam kemuliaan itu?
(3). Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu malam.
(4). Pada malam itu para malaikat beserta Jibril turun ke bumi dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.   
(5). Malam itu, malam penuh selamat sejahtera sampai terbit fajar.


Menurut keterangan beberapa Ulama', bahwa pada malam Lailatul-Qadar Allah mentaqdirkan segala urusan, hukum, rizqi, dan ajal untuk jangka satu tahun. Kemudian menyerahkan keputusan dan tadirNya itu kepada para malaikat masing-masing menurut tugasnya yang telah ditentukan. Lalu kepada Jibril diserahkan catatan rahmat dan adzab. kepada Mika'il diserahkan catatan tumbuh-tumbuhan dan rizqi. Kepada Israfil di serahkan catatan hujan, angin, dan keadaan cuaca. Dan kepada Izra'il catatan nyawa dan ajal-ajal.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :
"Di malam Lailatul Qadar turunlah empat macam bendera. Yaitu bendera Alhamd, bendera Arrahmah, bendera Almaghfiroh, dan bendera Alkaramah. Tiap-tiap bendera disertai pula dengan 70.000 malaikat. Dan tiap-tiap bendera ada tertulisan " Lailaahaillallah Muhammadur Rasulullah ". Lalu bendera Alhamd dipancang antara langit dan bumi. Bendera Almaghfiroh dipancang diatas kubur Nabi Muhammad SAW. Bendera Arrahman dipancang diatas ka'bah. Bendera Alkaramah. dipancang diatas batu Baitul Maqdits. Dan barang siapa yang mengucapkan kalimah thoyyibah tiga kali pada Lailatul-Qadar, maka masing-masing pembacaannya itu akan membawa pada pengampunan Tuhan dan selamat dari siksa api neraka dan membawa ia masuk syurga".    


Ka'bul Akhbar menyatakan : Bahwa di Sidratul Muntaha terdapat malaikat yang tidak diketahui bilangannya kecuali oleh Allah. Mereka turun di malam Lailatul-Qadar, untuk berdo'a memohon kebajikan untuk orang-orang mu'min dan mu'minat yang berjabatan tangan dengan Jibril. Adapun tandanya bila seseorang berjabatan tangan Jibril, ialah bahwa ia bergemetar badannya, keluar air matanya dan merasa iba dalam hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan, kritik, saran maupun pertanyaan